10 Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuhmu

Manfaat buah duku bagi kesehatan - Indonesia merupakan Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati, keanekaragaman hayakit tersebut seperti tanaman dan hewan. Salah satunya adalah tanaman buah duku (Lansium Domesticum L.) atau sering di sebut langsat merupakan tanaman buah yang sudah di kenal di berbagai daerah-daerah di indonesia, buah duku pada ummumnya sering dikomsumsi secara langsung seperti dikomsumsi dalam bentuk segar, dan ada juga dibuat dalam bentuk sirup dan dimasukan kedalam botol. 
Manfaat buah duku bagi kesehatan
Manfaat buah duku bagi kesehatan

Baca Juga : 8 Manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh
Namun sobat apakah sudah tahu tentang manfaat buah duku bagi kesehatan. Ternyata buah duku yang bulat dan rasanya yang manis ini terdapat manfaat yang baik bagi kesehatan, sebelum membahas tentang manfaat buah duku bagi kesehatan lebih baiknya kita mengetahui isi kandungan dalam 100 gramnya.

Kandungan gizi buah duku 100 gram
  • Kalori 63,00 kal
  • Karbohidrat 16,10 mg
  • Protein 1.00 gram
  • Lemak 0,20 gram
  • Vitamin A  0 mg
  • Fosfor 9,00 mg
  • Viatmin B1 0,05 mg
  • Kalsium 18,00 mg
  • Besi 0,90 S.I.
  • Vitamin C 9,00 mg
  • Air 82,00 gram

1. Anti-oksidan

Vit C dalam duku berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk menghalangi kerusakan-kerusakan tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga berfungsi untuk mengurangi kerusakan-kerusakan yang di sebabkan oleh zat beracun.

2. Mencegah anemia

Zat besi dalam duku dapat berguna meniningkatkan kadar sel darah merah didalam tubuh, mengikat oksigen dengan mudah dan dapat untuk memperlancar suplay darah, dengan anda mengkomsumsi buah duku dapat terhindar seperti lemas, letih dan lesu merupakan gejala anemia.

3. Menjaga kadar kolesterol

Vitamin C dalam duku bermanfaat bagi tubuh seperti dapat mengendalikan kadar kolesterol dalaam darah. Vit C juga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu.

4. Memperlancar pencernaan

Serat dalam duku bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan untuk  membersihkan tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat mencegahnya kanker kolon.

5. Menguatkan gigi

Fosfor dalam duku juga bermanfaat untuk menguatkan gigi, jika anda mengkomsumsi buah duku tersebut maka akan membuat gigi anda tetap kuat.

6. Menjaga kesehatan gusi

Vitamin C dalam duku juga dapat berfungsi untuk  tetap menjaga kesehatan gusi, jika gusi anda tetap sehat maka akan terhindar masalah seperti sariawan, gusi berdarah. Maka dengan mengkomsumsi buah duku dapat menjaga kesehatan gusi.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dalam duku memang sangat penting bagi tubuh  seperti  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Meredakan demam

Dengan cara ambil secukupnya biji buah duku kemudian tumbuk sampai benar-benar halus lalu setelah bijinya sudah menjadi halus kemudian campurkan dengan air matang dan di aduk lalu di minum satu kali sehari.

9. Mencegah penyakit jantung

Kalsium dalaam duku yang lumayan tinggi bermanfaat untuk menyehatkan jantung, dengan anda mengkomsumsi dapat terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

10. Mencegah osteoporosis

Kalsium dalam duku juga berguna untuk menjaga agar tulang kita tetap sehat, sehingga dapat mengurangi osteoporosis.
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat buah duku bagi kesehatan