12 Manfaat buah gandaria bagi kesehatan tubuhmu

Manfaat buah gandaria bagi kesehatanGandaria (Bouea macrophylla) merupakan buah yang mirip seperti buah mangga, buah gandaria lumayan cukup terkenal dberbagai daerah-daerah lain seperti di jawa, sumantra, kalimantan dan daerah laenya. Walaupun gandaria memiliki rasa sedikit asam, namum umumnya buah gandaria sering di manfaatkan masyarakat setempat seperti di buat sebagai rujak maupun langsung di makan dalam keadaan segar. Dan buah gandaria juga dapat di olah menjadi sirup ataupun manisan. 
Manfaat buah gandaria bagi kesehatan tubuhmu
Manfaat buah gandaria bagi kesehatan tubuhmu
Pohon gandaria mempunyai ketinggian yang cukup tinggi yang bisa mencapai 27 meter, kulit kayu pohon berwarna coklat muda dan mempunyai daun tunggal yang berbentuk lonjong dan ujungnya lancip. 

Baca Juga : 11 Manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh
Kandungan gizi buah gandaria 100 gram
  • Air (86,6 g)
  • Lemak (20 mg)
  • Protein (40 mg)
  • Serat (150 mg)
  • Kalsium (9 mg)
  • Zat besi (0,3 mg)
  • Karbohidrat (11,3 g)
  • Riboflavin (0,05 mg)
  • Beta karotin (23 mg)
  • Fosfor (4 mg)
  • Thiamine (0,11 mg)
  • Vitamin C (100 mg)
  • Niacin (0,5 mg)
Manfaat dari buah gandaria

1. Mencegah Kanker

Serat dalam gandaria cukup tinggi yang dapat dengan lancar dan cepat dalam proses penyerapan makanan yang di butuhkan oleh tubuh, jika proses penyerapan lancar maka dapat mencegah terjadinya endapan yang dapat menyebabkan kanker seperti kanker usus.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin-C dapat untuk membuat stimulus regenerasi sel didalam tubuh, sehingga dapat untuk mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin-C berfunggsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka tidak mudah untuk sakit.

4. Sariawan

Timbulnya sariawan di bibir merupakan orang yang kekurangnya vit C, buah gandaria menjadi solusi karena Vit C dalam gandaria cukup banyak sehingga dapat mempercepat penyembuhan sariawan yang anda derita, dan vit C dalam gandaria juga dapat untuk menyembuhkan gusi berdarah.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Air and serat dalam gandaria cukup tinggi, yang dapat untuk memperlancar sistem pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit.

6. Untuk program diet

Tinggi serat dalam gandaria dan sedikitnya kandungan lemak, maka cocok bagi anda dalam program diet, dan jika mengkomsusmsi buah gandaria dapat membuat rasa kenyang di perut lebih lama.

7. Mengurangi resiko terkena stroke

Serat dalam gandaria berguna untuk mengikat kolesterol lebih efektif dan langsung membuang bersama dengan fese, kelebihan kolesterol jahat dapat menyebabkan terkena penyakit seperti stroke. Maka konsummsilah buah yang banyak mengandung serat seperti buah gandaria.

8. Untuk kesehatan jantung

Peneliti telah mengatakan bahwa memenuuhi kebutuhan serat 26 gram sehari dapat untuk mencegah 40 persen resiko terkena PJK.

9. Diabetes Melitus atau Kencing manis

Jenis serat dalam gandaria ini seperti serat laut, mengkomsumsi buah gandarian dapat untuk membantu memeperbaiki kondisi penderita diabetes mellitus, dan dapat menurunkan terkena diabetes.

10. Memperlancarkan peredaran darah

Buah gandaria memiliki banyaak air yang berguna unntuk menjaga kekentalan sistem peredaran darah sehingga peredaran darah akan tetap lancar.

11. Menjaga fungsi otak

Selain peredaran darah otak juga membutuhkan air untuk menjaga fungsinya, maka komsumsi buah gandaria dapat menjaga fungsi otak agar tetap baik.

12. Menjaga fungsi paru

Air memang penting untuk tubuh kita, seperti paru juga membutuhkan air untuk tetap menjaga fungsinya, maka konsumsi buah gandaria juga dapat untuk menjaga fungsi paru tetap baik.
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat buah gandaria bagi kesehatan