15 Tanda gejala penyakit HIV AIDS

Tanda gejala penyakit HIV AIDS – HIV (Human Immuno Deficiency Virus.) merupakan virus menyebabkan penyakit AIDS, virus yang dapat menurunkan sisitem kekebalan tubuh sehingga tidak dapat melawan penyakit seperti umumnya. Sebelum HIV berubah menjadi AIDS penderita masih terlihat sehat dalam beberapa tahun, namun penderita sebenarnya sudah positif terkena virus HIV tersebut, umumnya HIV dapat menular melalui hubungan intim yang tidak aman seperti ketidakmemakai peilinndung, transufsi darah dan bergantian pemakian suntik. 
Tanda gejala penyakit HIV AIDS
Tanda gejala penyakit HIV AIDS
Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom) yang merusak system kekebalan. Orang yang positif terkena AIDS dapat dengan mudah terkena berbagai penyakit lainnya, di karenakan system kekebala tubuh telah di rusak oleh AIDS.

Baca Juga : 5 Penyebab penyakit HIV AIDS

1. Demam

Gejala awal terkena HIV seperti demam ringan sekitar 390C dan di sertai gejala lainya seperti terasa sakit tengorokan, mengalami kelelahan dan terdapatnya pembengkakan di kelenjar getah bening. Di karenakan virus HIV yang sudah masuk ke aliran darah dan jumlah berlipat-lipat ganda, sehingga tubuh menjadi lemah di karenakan system kekebalanya telah menurun.

2. Sakit kepala (pusing) dan sakit tenggorokan

Gejala selanjutnya terkena infeksi HIV yaitu mengalami pusing dan sakit tenggorokan.

3. Batuk kering

Apabila penderita mempunyai batuk kering namun diobati tidak kunjung sembuh dan berlangsung sampai satu tahun atau semakin parah, kemungkinan gejala terkena HIV.

4. Merasa kelelahan

Akibat virus yang sudah menyerang system kekebalan (imum) menyebabkan tubuh merasa lelah dan letih.

5. Tedapat pembengkakan kelenjar getah bening and nyeri otot, sendi

Nyeri pada otot maupun nyeri sendi merupakan gejala awal terinfeksi virus HIV dan terdapat pembengkakan di kelenjar getah bening seperti di leher, paha, dan ketiak.

6. Ruam kulit

Terdapat ruam di kulit merupakkan tahap awal terkena HIV, namun gejala ini juga bisa muncul saat keadaan sudah mulai parah, ciri-ciri ruam yang merah umumnya muncul di batang tubuh, jika diobati tidak kunjung sembuh, harap melakukan test HIV.

7.  Diare, mual dan muntah

Gejala selanjutnya mengalami diare jangka pendek dan di sertasi perut merasa mual bahkan muntah-muntah.

8. Berat badan menurun

Menurunya berat badan dengan tiba-tiba kemungkinan terkena HIV di karenakan virus yang sudah merusak system kekebalan tubuh.

9. Berkeringat malam

Umumnya orang terkena HIV berkeringat di malam hari tanpa melakukan aktivitas apa-apa dan suhu ruangan yang tidak panas.

10. Mengalami perubahan kuku

Gejala selanjutnya yaitu terdapat perubahan kuku seperti perubahan kuku menjadi kecoklatan atau hitam, penebalan kuku, kuku menjadi melengkung, kuku terpisah dari kulit.

11. Kesulitan berkonsentrasi dan kebingungan

Kebingunan dan kesulitan berkonsetrasi merupakan tanda demensia terkait hubungan dengan HIV, gejala ini biasanya muncul di tengah-tengah perjalanan, selain gejala itu seperti berkurangnya daya ingat, mudah marah dan tesinggung.

12. Kesemutan dan kelemahan

Gejala  selanjutnya mengalami kesemutan dan kelemahan yang dapat menyebabkan penderita mati rasa dan di sertai kesemutan di kaki maupun di tangan.

13. Infeksi jamur  di mulut

Gejala selanjutnnya terdapat infeksi di mulut, infeksi tersebut di sebabkan oleh jamur candida.

14. Tidak teraktur Men’s

Hiv juga dapat menyebabkan ketidakteraturan men’s bagi perempuan yaitu seperti darah yang keluar sedikit atau sebaliknya.
Memang tanda gejala tersebut sebagian sulit untuk di bedakan seperti penyakit biasanya, namun sebaiknya jika ada gejala seperti di atas untuk lebih jelasnya lagi melakukan test HIV.

15. Herpes kel'min

Merupakan tanda gejala yang sudah parah, herpes di kelakmin dapat di tularkan jika melakukan hubungan.
Semoga dapat bermanfaat tentang tanda gejala penyakit HIV AIDS