16 Gejala penyebab dan pencegah ebola

Gejala penyebab dan pencegah ebola – Virus ebola dulu di kenal dengan nama demam berdarah ebola (ebola haemorhagic fever) dan sekarang di namakan virus ebola (ebola disease), yang merupakan penyakit yang berbahaya mencapai angka kematian 90 persen nya. Virus ebola biasanya menyerang hewan liar kemudian di tularkan ke mannusia. Kabarnya virus ebola berasal dari kelelawar buah pertama kali di temukan oleh seorang ilmuan tahun 1976 dekat sungai ebola yang berada di kongo.
Gejala penyebab dan pencegah ebola
Gejala penyebab dan pencegah ebola
Virus ebola dapat menular dan beberbahaya seperti manusia dengan manusia yang melalui muntah, feses, darah, cairan tubuh, kontak langsung dengan penderita ebola. Sekarang virus ebola telah menjaadi perhatian seluruh dunia.

1. Demam

2. Muntah

3. Sakit kepala

4. Merasa lemas

5. Nyeri pada perut

6. Diare

7. Menurunnya nafsu makan

8. Nyeri pada otot dan sendi

9. Pendarahan yang tidak wajar.

Tanda gejala seperti saya sebutkan di atas dapat muncul dimana saja, umumnya gejala tersebut akan muncul 8 sampai 10 hari setelah positif terkena virus ebola.


1. Ebola dapat tertular melalui kontak langsung dengan penderita dengan cara menularkan lewat  muntah, feses, darah, cairan tubuh, air ludah, urin, semen, benda yang sudah terkontaminasi penderita seperti jarum, pakaian penderita, tempat tidur penderita dan lain sebagainya.

2. Ebola dapat menular dari binatang liar yang sudah positif terjangkit ebola, seperti  kelelawar buah, monyet , (gorilla), sinpanse dan hewan lain yang positif terkena ebola.

3. Ebola juga dapat menular melalui daging binatang liar yang positif terkena Ebola, maka berhati-hati mengkomsumsi  makanan jika berpergian di luar seperti afrika.

Cara mencegah ebola

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan adalah cara pertama dan mudah untuk mencegah virus ebola, maka selalau menjaga kerbersihan dengan mencuci tangan setiap habis menyentuh benda kotor.

2. Jangan mengkomsumsi daging liar sembarangan

Ebola bisa menular melalui daging yanng sudah terkontaminasi virus ebola seperti daging hewan liar, untuk mencegah ebola sebaiknya jangan mengkomsumsi daging hewan-hewan liar.

3. Menghindari penderita ebola

Cara mencegah selanjutnya dengan melakukan tindakan seperti menghindari kontak langsung dengan penderita, apalagi penderita yang sudah parah dengan cepak virus akan menularkan pada orang yang sehat, ebola dapat menular melalui muntah, feses, darah, cairan tubuh, air ludah, urin, semen, benda yang sudah terkontaminasi penderita seperti jarum, pakaian penderita, tempat tidur penderita dan lain sebagainya.

4. Jangan pergi ketempat yang sudah positif terjangkit ebola

Cara pencegahan terkahir adalah jangan pergi ketempat yang dikatakan sebagai wabah ebola, kemungkinan virus masih berkembang di tempat tersebut.
Semoga dapat bermanfaat tentang gejala penyebab dan pencegah penyakit ebola