11 Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan Alang-alang atau ilalang nama latin (Imperata cylindrica L) Tumbuhan ini banyak di kenal dengan nama gulma yaitu tumbuhan merumput dengan tunasnya yang merayap di dalam tanah, tinggi tanaman ini bisa mencape antara 35-180 cm, tanaman ini mudah berkembang biak dan menyebar dan mempunyai rimpang kaku tumbuh menjalar,batangnya yang pada, ruasnya yang berambut jarang-jarang. 
Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan
Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan
Bunganya yang mengucup panjang bisa mencape 5-30 cm, yang berwarna putih dan terdapat biji-biji sangat kecil yang berwarna coklat tua, bunga tanaman ini berambut halus bila kena angin mudah terbang, tumbuhan rumput ini dapat hidup dengan ketinggiane 1-2700 meter di atas permukaan laut.

Kandungan Dalam Akar Alang-Alang 

Meliputi: malic acid, senyawa K, sakarosa, glukosacittric  acid, fernenol,  monitol, arundoin,  cyllindrin, simiarenol,  dan anemonin. lalu metabolit yang di temukan dalam akar alang-alang seperti , asam oksalat, stigmasterol, flavonoid, asam asetat, ferfenol, arundin, asam malat, ß-sitosterol, asam sitrat kampesterol, potassium (0,75% dari BK), katekolasam sitrat, 5-hidroksitriptamin.
Baca Juga : 9 Manfaat sayur pare bagi kesehatan
Manfaat akar alang-alang bagi kesehatan :

1. Untuk mimisan

Ambil 30 gram akar alang-alang dan cuci bersih, kemudian akar alang-alang di potong-potong menjadi beberapa bagian,lalu di rebus dan di tambahkan 3 gelas air bersih sampai tersisa airnya menjadi 1 gelas, setelah itu di dinginkan terlebih dahulu lalu di minum sekali teguk.

2. Muntah darah

Ambil 30-60 gram akar alang-alang and cuci bersih, kemudian di potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu rebus dan tambahkan 3 gelas air bersih sampai tersisa airnya menjadi 1 gelas, setelah itu di dinginkan terlebih dahulu, lalu di minum 1 kali sehari dengan rutin.

3. Kencing berdarah

Ambil 100 gram akar alang-alang dan cuci bersih, kemudian di potong kecil-kecil, lalu rebus dan tambahkan 8 gelas air bersih sampai tersisa menjadi 4 gelas, air rebusan yang 4 gelas tadi kemudian anda bagi menjadi 3 bagian untuk di minum sehari 3 kali.

4. Hepatitis

Ambil 60 gram akar alang-alang kering dan cuci bersih, kemudian rebus dan tambahkan 3 gelas air bersih sampai tersisa(1) gellas saja. air rebusan yang (1) gelas di bagi menjadi 2 bagian untuk di minum 2x sehari selama 10 hari.

5. Kencing batu

Ambil 100 gram akar alang-alang, ½ gengam daun kumis kucing, ½ daun meniran and cuci bersih, lalu rebus dan tambahkan 5 gelas air sampai tersisa 2,5 gelas air atau setengah dari 5 gelas tadi. Setelah itu di dinginkan terlebih dahulu kemudian di saring. Minum 3 kali sehari 1 gelas dengan rutin sampai batu kluar.

6. Peluruh kencing

Ambil 10 gram akar alang-alang dan cuci bersih, lalu rebus dan tambahkan 3 gelas air bersih sampai menjadi 1 gelas, setelah itu di dinginkan dahulu kemudian di saring. Di minum sekali teguk.

7. Radang paru-paru

Ambil 500 gram akar alang-alang, 10 kuntum bunga melati yang kering, 5 daun sembung cuci bersih, lalu rebus tambahkan 3 gelas air bersih sampai tesisa 1,5 gelas, setelah itu di dinginkan terlebih dahulu kemudian di saring. Di minum 2x sehari.

8. Radang ginjal akut

Ambil 60-120 gram akar alang-alang segar dan cuci bersih, kemudian potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian, lalu rebus tambahkan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas, setelah itu di dinginkan kemudian di saring, di mium 2 kali sehari ½ gelas.

9. Asma

Ambil 100 gram akar alang-alang, 25 gram daun sirih, 25 gram kencur dan cuci bersih, lalu rebus tambahkan 1 liter air bersih sampai tersisa setengah-nya, kemudian die saring dan tambahkan 1 sendok teh jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Minum sekali teguk saat akan tidur malam.

10. Keputihan

Ambil 500 gram akar alang-alang, (5) gram pulosari, (2) tangkai daun pepaya, lalu rebus tambahkan 2 gelas air bersih sampai air tersisa 1 gelas, minum lah 1 kali sehari.

Rebusan akar alang-alang tidak jangan di berikan pada orang yang sering buang air kecil atau fungsi lambungnya yang lemah, di karenakan rebusan ini akan masuk kedalam lambung usus kecil dan organ paru-paru.

Baca Juga : 11 Manfaat buah alpukat bagi kesehatan
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat akar alang-alang untuk kesehatan