9 Manfaat sayur pare bagi kesehatan

Manfaat sayur pare bagi kesehatan – Pare (Momordica charantia L.) merupakan suatu tanaman yang dapat hidup di daerah tropis seperti Indonesia, Indonesia hampir semua daerah-daerah terdapat tanaman pare, tanaman pare sangat mudah di budidayakan dan tumbuhnya tidak tergantung musim, pare juga dapat ditemukan tumbuh liat di tanah terlantar, atau dapat di tanam di perkarangan dengan rambatan di pagar.
Manfaat sayur pare bagi kesehatan
Manfaat sayur pare bagi kesehatan

Baca Juga : 11 Manfaat buah alpukat bagi kesehatan
Pare tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan di berbagai daerah umumnya masyarakat pembudidayaan pare dilakukan untuk usaha sampingan, namun apakah sobat sudah tahu manfaat pare bagi kesehatan ? Mungkin sebagaian orang belum tahu tentang manfaat pare bagi kesehatan.

Kandungan gizi pare 100 gram :
  • Kabohidrat 0,5 gram
  • Besi 1,40 mg
  • Kalori 29,00 kal
  • Protein 1,10 gram
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 52,00 mg
  • Lemak 0,30 gram
  • Kalsium45,00 mg
  • Fosfor 64,00 mg
  • Vitamin A 180,00 SI
  • Air 91,92 gram

1. Mencegah sel kanker pankreas

Peneliti yang telah di lakukan di pusat kanker University of Colorando menyebutkan kandungan pare dapat menghambatnya pertumbuhan sel kanker pangkreas

2. Menghambat perkembangan HIV

Peneliti Amerika Serikat telah menemukan dalam pare terdapat protein Alpa-Momocharin yang dapat untuk menghambatkan perkembangan HIV, hal ini sudah di uji coba pada penderita HIV, dengan cara memberikan ekstrak pare dalam jangka waktu tiga bulan lebih dan bagusnya kekebalan tubuh penderita meningkat.

3. Mengatasi Diabetes

Karatin di dalam pare yang bersifat Hipoglesemik berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, jika anda ini membuat ramuan tradisional berikut ini caranya :

Ambilah 200 gram pare yang masih segar dan dicuci bersih, kemudian pare di potong tipis-tips lalu rebuslah pare tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai menjadi 1 gelas, kemudian minum setiap harinya.

4.  Membersihkan darah

Pare juga dapat untuk membersihkan darah, dengan cara komsumsilah jus pare dan dapat mengurangi gatal-gatal di sebabkan infeksi dalam darah.

5. Kesehatan jantung

Komsumsi pare dapat juga untuk mengurani kelesterol jahat, jika kelebihan kolestrol jahat dapat menyumbat didinding arteri, maka komsumsi pare dapat menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah serangan jantung.

6 Mengatasi Asma

Pahitnya pare dapat untuk merangsang indra pengecap, dengan mengkomsumsi pare akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar, sehingga aliran udara akan menjadi cepat, maka pare cocok bagi penderita asma.

7. Bronkhitis

Ambillah dua pare dan dicuci bersih, dan kemudian ambil sarinya lalu di tambahkan satu sendok makan madu.
Diminum 1 kali sehari dengan rutin selama 3 bulan
Ramuan tradisional ini juga bisa untuk menyembuhkan radang perut , anemia, rematik, dan melangsingkan tubuh.

8. Nyeri hai’d

Ambil dua pare yang segar dan dicuci bersih, kemudian diambil sarinya dan tambahkan satu sendok makan madu, di minum 1 kali sehari sampai sembuh.

9. Meningkatkan seistem kekebalan tubuh

Antioksidan dalam pare juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

Selain di atas pare juga dapat juga untuk menyembuhkan seperti disentri, demam, obat cacing, sariawan penyembuhan lukan dan penambah nafsu makan.
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat sayur pare bagi kesehatan