40 macam jenis penyakit kulit dan penyebabnya

Macam jenis penyakit kulit dan penyebabMacam penyakit kulit salah satu yang masih menjadi masalah kesehatan masyrakat seperti di Indonesia. jenis penyakit kulit merupakan kelainan kulit yang bisa di sebabkan oleh jamur, virus, infeksi, kuman, ataupun parasit. Kulit merupakan salah satu organ yang penting pada manusia, karena melalui kulit dapat merasakan rasa saat menyentuh benda apapun, jika kulit tersebut terserang penyakit maka hal itu akan banyak akibatnya yang bisa di timbulkan. 
40 macam jenis penyakit kulit dan penyebabnya
40 macam jenis penyakit kulit dan penyebabnya
Kesehatan kulit harus di perhatikan juga karena kulit merupakan organ yang paling vital dan cermin dari kesehatan, fungsi kulit yaitu untuk melindungi tubuh kita dari serangan penyakit dan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal.
Baca Juga : 9 Tanda gejala penyakit jantung koroner
Macam dan Jenis Penyakit Kulit

1. Eskim (eczema)

Penyakit eskim di tandai dengan kulit bersisik, pecah-pecah dan kemerahan, dampak yang di timbulkan merasa gatal pada malam hari, dan timbul gelembung kecil-kecil berisi air, penyakit kulit ini bisa di sebabkan oleh makanan seperti, ikan laut, udang, vetsin, alkhohol, dan rasangan zat kimla. Pencegahan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan alergi.

2. Kudis (scabies)

Di tandai dengan timbul gatal di malam hari yang bisa di sela-sela jari, di bawah ketik, permukaan depan pergelangan tangan dan aerole, penyakit ini dapat menular. Pencegahan : jagalah kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar terhindar dari penyakit kulit ini.

3. Kurap

Penyakit kulit penyebab dari jamur, gejalanya bisa bersisik, kulit jadi tebal, terdapat lingkaran merasa gatal, lembab dan berair. Pencegahan: menjaga kerbersihan diri seperti leher, kulit kepala dan area tengkuk.

4. Bisul (Furunkel)

Penyakit kulit penyebab dari bakteri staphylococcus aureus yang lewat dari kelenjar minyak kelenjar minyak, folikel rambut dan menyebabkan infeksi local. Penyebab penyakit kurangnya menjaga kerbersihan, pelemahan diabetes, luka yang terinfeksi, dan kosmetik  yang memakai bahan klmia.

5. Ketombe

Gejala seperti berminyak, bersisik, merah, bau dan bisa juga merasa gatal. Penyebab di duga dengan kegiatan kelenjar sebasea di kulit kepala, seboroid terjadi pada kulit kepala atau bisa di sebut ketombe.

6. Lepra

Penyakit ini di sebabkan dari bakteri mycobacterium leprae. Gejalanya seperti umum alawanya seperti kulit tampak mengkerut, apalagi bilah telah akut kumanya dapat mengkomsumsi kulit maupun daging, bila mempunyai penyakit ini segera berobat ke dokter.

7. Panu

Penyakit ini di sebabkan oleh jamur, dan di tandai bercak dan rasa gatal ketika berkeringat, bercak tersebut bisa berwarna coklat, putih maupun merah tergantung warna kulit. Pencegahan rajin menjaga kerbersihan dan panu segera di sembuhkan, anda bisa memakai obat tradisional dengan menggunakan daun sirih dan kapur sirih di campur dan di oleskan pada panu.

8. Infeksi jamur

Penyakit penyebab dari jamur, jamur yang bisa tumbuh di permukaan kulit, dan mengakibatkan kerusanakn kulit, dan rasa gatal yang sering menyerang , bila tidak segera di tangani akan cepat menyebar ke seluruh tubuh.

9. Kanker kulit

Penyakit penyebab sel yang tidak terkontrol di dalam jaringan kulit, jika tidak segara di tangani akan menyebar ke organ-organ seperti tulang, getah bening, jaringan lunak dan lain-lain.

10. Hepes

Di tandai dengan kulit yang melepus di dalam berisi air yang bisa timbul di area wajah, peyebab dari virus herpes, penyembuah untuk penyakit ini belum di ketahaui, dan penyakit ini dapat menular.

11. Keloid (Scar tissue)

Keloid yang bisa timbul di sekitar luka untuk memperbaiki luka pada kulit, namun keloid berkembang tidak terkendali seperti meninggalkan daging menonjol di luka, dan dapat lebih besar dari lukanya.

12. Lupus

Penyakit penyebabnya di karenakan system kekebalan terganggu, maka virus tersebut dapat masuk melalui kulit, penyakit ini dapat menjadi masalah lanjutan seperti ginjal, kulit, system saraf.

13. Campak

Penyakit penyebab oleh virus yang sudah berkembang didalam sel, penyakit yang dapat menular bisa melaluo udara atau kontak langsung dengan penderita, cirri penyakit ini, ruam sebagia kulit memucat, pilek, demam dan batuk, bila tidak segara di tangani dapat penyebab komplikasi infeksi otak, pneumonia dan encephalitis.

14. Jerawat

Penyakit penyebab oleh pori yang tersumbat minyak, kulit mati atau bakteri, jika sebum terhambat maka dapat  meyebabkan timbulnya jerawat jerawat, tanda penyakit ini adalah terdapat benjolan, berwarna merah dan di dalamnya terdapat cairan atau nanah.

15. Hemangioma

Yaitu penyakit pertumbuhan daging di kulit, penyebab penyakit ini organ di dalam hati kemungkinan penderita sudah ada sejak lahir, penyakit ini bisa berkembang sebelum hari di dunia ini, kemungkinan penyakit ini bisa berkembang di dalam kandungan ibu.

16. Psoriasis

Penyakit kulit kronis, tandai bercak kemerahan menyerupai sisik, penyakit ini ada 2 tipenya pertama Psoriasis Scalp dan ke dua Plaque atau guttaete, penanganan  dengan cara mengetahui penyakit tipe apa kemudian mulailah penyembuhan.

17. Rosacea
Penyakit kulit kronis, penyebab yang belum di ketahui pasti anda belum ada peyembuhanya, tetapi para ilmuan sudah mengembangkan untuk perwatan penyakit ini, untuk menekan gejala yang ditimbulkan.

18. Vitiligo

Penyakit penyebab dari kehilanganya pigmen kulit, pigmen berfungsi pewarna kulit anda, jika kehilangan pigmen dapat menyebabkan warna sebagaian kulit  menjadi bercak dan putih, penyakit yang tidak dapat di sembuhkan, namun ada cara pencegahan dengan menjaga keseimbangan pegmen kulit.

19. Kutil (Warts)

Tandai benjolan kecil, penyebab virus yaitu human papillpmavirus, penyakit tidak berbahaya namun dapat menular, dan tidak baik untuk estetika.
20. Pembengkakak pada jaringan lunak – Necrotizin Fascitiss

Infeksi jaringan lunak, bisa menghancurkan jaringan di otot, kulit dan jaringan penghubungnya, penyakit penyebab bakteri streptococcus yang menyebar dengan cepat, penyakit bisa awal terjadi dari luka kecil. Bila anda mempunyai penyakit ini segera melakukan penangan, bakteri ini peyebaran sangat cepat.

21. Cutaneous Candiasis

Penyakit penyebab dari bakteri, tetapi tidak menganggu kesehatan kecuali adanya jamur seperti candida, yang bisa menyebabkan candiasis, penangan  dengan perbaiki kesehatan tubuh anda dan hygiene.

22. Selulitis (Celulitis)

Penyakit yang bisa terasa sakit dan nyeri, dan menyebar dengan cepat, penyakit ini bisa timbul di bawah kakin dan bisa di tubuh, penyakit ini harus segera di tangani, di karenakan dapat membahayakan dan cepat menyebarnya.

23. Hypohidrosis (Tidak berkeringat)

Penyakit penyebab kelenjar keringat tidak berfungsi dengan baik, yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh, karena tidakkemampuan untuk mengeluarkan keringan secara normal, maka efeknya akan tubuh menjadi panas yang dapat menyebabkan kejang-kejang dan kematian.

24. Impetigo

Penyakit penyebab oleh bakteri staphylococcus pyogenes dan staphylococcus aureus, penyakit yang bisa muncul di leher, wajah atau tangan, umumnya menyerang pada bayi ataupun anak-anak , penyakit ini jarang terjadi orang dew*sa, namum penyakit ini bisa hilang sendiri dalam jangka waktu 2mingguan, jika tak kunjung sembuh segera hub dokter specialis.

25. Decubitus Ulcers (Nyeri Kasus)

Penyakit yang sangat berbahaya, tandai dengan luka terbuka di kulit, kasus ini sering terjadi pada orang tua, orang lumpuh dan orang cacat.

26. Fungal Nail infection

Penyakit penyebab oleh infeksi jamur dapat bisa terjadi seluruh tubuh. Onychomycosis, merupakan infeksi jamur menyerangnya di kuku yang bisa berkembang berjalanya waktu, infeksi jamur terdapat macam-macam, setiap kasus berbeda untuk perawatanya.

27. Lchtyosis Vulgaris

Tandai dengan kulit kering, sel kulit mati berkumpul dan membentuk kerak di bagaian luar kulit, atau sering di sebut penyakit sisik ikan. Penyakit ini tergolong ringan tetapi dalam kasus kecantikan juga berbahaya, karena dapat menyebabr keseluruh tubuh jika tidak di tangani.

28. Dermatomyositis

Penyakit pembengkakan kulit cukup langka, tandai dengan otot membengkak, otot menjadi terasa lemas, penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dew*sa, anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Penyebab belum di ketahui kepastianya.

29. Mulluscum Contagiosum

Penyakit penyebab oleh virus molluscum yang bisa menyebabkan tumor jika berciri seperti terdapat benjolan kecil pada kulit.

30.  Cantengan (Ingrown Nails)

Penyakit sering terjadi di kuku jempol kaki, tidak berbahaya, namum juga jika tidak segera di rawat dan keadaan semakin parah dapat terjadi infeksi, peyebab karena pemotongan kuku yang tidak benar, atau bisa memakai sepatu tidak ukuran pas atau terlalu kecil.

31. Arcodermatitis

Penyakit dapat menyerang anak usia 6 bulan hingga 12 tahun, walaupun kasus ini jarang terjadi namun penyakit ini dapat menularkanya dengan cepat, apalagi kontak langsung dengan penderita tandai penyakit ini ada benjolan ungu kemerahan dan terasa gatal, penyebab belum di ketahi dengan pasti.

32. Kista sebaceous

Di tandai dengan pembengkakak kelenjar sebaceous berisi nanah. Diagnosis dengan pemberian anestesi lokal atau dengan pembedangan bagian yang bengkak. Penyebab terjadi pembengkakan sel basah luka paruut terinfeksi, luka bekas operasi, syndrome, jerawat.

33. Seborrheic Keratosis

Di tandai kulit tubuh yang tidak terkendali,penyakit tidak berbahaya namun penyakit yang membuat malu pada penderitanya, namun ada kasus yang sulit untuk membedakan dengan penyakit Melanoma, penyakit Melanomaa adalah kanker kulit berarti berbahaya!!, jika terdapat perubahan kulit maka segera konsultasikan dokter specialis. Tanda penyakit ini umunya tumbuh di bagian perut, bahu, dada, pundak, pembengkakan kulit kasar seiring berjalanya waktu akan bertambah kasar & tebal, yang berbentuk oval ataupun bulat berwarna , hitam , kuning, coklat ataupun putih.

Penyebab penyakit ini bisa karena sering terkena sinar matahari, atau faktor genetic, dan usia. Penanganan dengan menghentikanya pembengkakan dan pertumbuhanya, dengan melakukan nitrogen cair (Electrosurgery atau Cryosurgery)

34. Pilonidah Sinus

Tandai dengan pembengkakan kulit yang kecil bisa terjadi bagian atas lippatan bokong, bila infeksi dapat mengeluarkan nanah dan baunya tidak enak, dan mempunyai rasa sakit sekali, penyakit yang bisa terjadi pada laki-laki dew*sa.

35. Erysipelas

Tandai infeksi bagian luar kulit, penyakit seperti Selulitis infeksi di bagian Mesodermis pada kulit, penyakit ini sering muncul bagian kaki dan wajah, penaganan  penyakit Celullitis dan Erysipelas termasuk kesamaan dalam perawatan.

36. Diaper Rash ( Biang keringat)

Penyakit sering terjadi pada balita penyakit iritasi di kulit menimbulkan kemerahan dan rasa panas di sebabkan gesekan dengan popok bayi.

37. Hives (Gatal Gatal)

Penyakit peyebab oleh alergi dengan pengobatan, benda yang bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan alergi.

38. Dyshidrotic Eczema (Eskim Dishidrotik)

Tandai dengan benjolan di bawah kaki atau telapak tangan benjolan tersebut berisi cairan dan gatal gatal, Namun penyakit ini bisa sembuh sendirinya bertahan penyakit ini kira-kira 3 mingguan, penyebab kemungkinan terlalu stress dan alergi musiman.

39. Canker Sore (Sariawan)

Tandai dengan nyeri dan sakit di bagian mulut atau bibir bentuk seperti luka terbuka dan mempunyai rasa sakit. Penyebab pembengkakan jaringan lunak, penyakit ini termasuk umum yang bisa terjadi setiap orang.

40.  Herpes Stomatitis

Tandai pembengkakan di bibir atau bisa di dalam mulut seperti di gusi,lidah, pipi dalam, bibir. Infeksi ini bisa terjadi pada anak yang usianya 6 bulanan hingga 5 tahun (penyebab-penyakit.org)

Semoga dapat bermanfaat bagi anda tentang macam jenis penyakit kulit dan penyebab