14 Manfaat daun sisik naga atau picisan untuk kesehatan

Manfaat daun sisik naga atau picisan untuk kesehatan - Sisik naga (Drymoglossum piloselloides L.) merupakan tumbuhan ynng bisa menumpang pohon lain atau disebut epifit, namun bukan parasit  karena dapat untuk memproduksi makanan sendiri, picisan banyak ditemukan tumbuh liar di hutan, diladang dan tempat berlembab dari dataran rendah maupun dataran tinggi sekitar 1,000 m atas permukaan laut. Cirri daun sisik naga berwarna hijau sampai hijau kecoklataan, bertangkai pendek bentuknya jorong, ujung daunnya tumpul and membundar tembal dan berdaging, daun pinggirnya rata pangkal daun sedikit meruncing. 
14 Manfaat daun sisik naga atau picisan untuk kesehatan
14 Manfaat daun sisik naga atau picisan untuk kesehatan

Ukuran daun sisik naga berbentuk bulat hingga jorong seperti uang logam picisan, makan sisik naga juga sering disebut picisan. Kandungan sisik naga diantaranya triterpen, fenol, asiri, flavonoid, gula dan tanin.

Baca Juga : 9 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh

1. Radang gusi

Dengan cara ambil daun sisik naga secukupnya saja dan dicuci bersih kemudian daun yang sudah dicuci langsung dikunyah biarkan kunyahan tersebut cukup lama bagian gusi yang meradang, setelah itu buang ampasnya dan lakukan tiga kali sehari sampai sembuh.

2. Rematik jaringan lunak

Dengan cara ambil 15 sampai 20 garam daun sisik naga yang masih segar dan dicuci, kemudian daun masukan kedalam panci dan tambahkan tiga gelas air bersih dan di rebus, hingga menjadi satu gelas, setelah itu disaring dan diminum dua kali sehari takaran setengah gelas.

3. Sariawan

Dengan cara ambil satu genggam daun sisik naga dan dicuci kemudian masukan kedalam panci dan tambahakan dua gelas air lalu direbus, hingga mendidih, setelah itu tunggu airnya menjadi hangat lalu airnya untuk berkumur ulangi dua kali sehari sampai sembuh.

4. Sakit kuning

Dengan cara ambil 15 sampai 30 gram daun sisik naga dan dicuci kemudian masukan kedalam panci dan tambahkan tiga gelas air, hingga airnya menjadi satu setengah gelas, setelah itu disaring dan diminum tiga kali sehari setengah gelas.

5. Menghentikan pendarahan

Dengan langkah ambil 30 gram daun sisik naga dan dicuci bersih, kemudian daun digiling sampai halus setelah itu diperas dan disaring lalu diminum tiga kali sehari sampai sembuh.

6. Kanker Payud'ra

Dengan cara ambil 40-50 gram daun sisik naga dan dicuci bersih kemudian masukan kedalam panci dan lalu tambahkan tiga gelas air kemudian direbus, hingga airnya menjadi satu gelas setelah itu disaring dan diminum dua kali sehari setengah gelas.

7. Disentri

8. Sakit perut

9. Kontipasi

10. Tb paruh disertai batuk dahak

11. Tb kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening

12. Parotitis

13. Gonore

14. Leukora

Dosis yang dianjurkan antara 15-60 gram

Cara untuk menyembuhkan penyakit ikan menggunakan daun sisik naga atau pisican

Dengan cara daun sisik naga yang sudah dicampur daun pepaya dan daun ketampang kemudian semua bahan dihancurkan dan dipermentasi menggunakan probiotik dalam wadaah tertutup selama 7 hari, cara ini sangat cukup efektif untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit ikan, caranya tinggal mencampurkan 6-10 tutup botol aqua lalu dicampurkan 5 liter air bersih dan disebarkan kekolam.


Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat daun sisik naga atau picisan bagi kesehatan