9 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan – Pohon pepaya memang banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia, bukan cuma buahnya saja yang dapat bermanfaat bagi kesehatan namun juga daunnya yang memiliki rasa yang pahit ini memiliki manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

9 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh
9 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh

Baca Juga : 10 Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh
Ada senyawa aktif didaun pepaya seperti papain, tocophenol, fenolik, khimoprotein, lisozim, karpain dan lain sebagainya, peneliti juga menemukan kandungan lain didaun pepaya, dibawah ini adalah kandungan daun pepaya.

Kandungan aktif daun pepaya :
  • Kalsium
  • Carposide
  • Zat papain
  • Vitamin B1
  • Protein
  • Vitamin A
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Vitamin C

1. Demam berdarah

Penderita yang sudah terkena DBD bisa mengkomsumi daun pepaya, ternyata daun dari pepaya  baik bagi (DBD) penderita demam berdarah dengue, caranya siapkan 5 lembar daun kemudian dicuci sampai bersih, lalu di rebus 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas, setelah itu di saring dan diminum, ramuan ini sebaiknya jangan berlebihan untuk dikonsumsi.

2. Menyembuhkan jerawat

Dari dulu daun pepaya digunakan sebagai ramuan tradisional, contoh saja untuk mengatasi jerawat sebagai masker wajah, caranya ambilah 3 daun pepaya kemudian dijemur sebentar lalu daun yang tadi sudah dijemur kemudian tumbuk sampai menjadi halus setelah itu tambahkan sedikit air kira-kira satu sendok teh sudah cukup, kemudian oleskan kewajah.

3.  Anti kanker

Peneliti menyatakan bahwa rutin untuk mengkomsumsi ekstrak daun pepaya, sel pertahanan dalam tubuh akan aktif dan dapat membantu tubuh untuk melawan mutasi DNA yaitu penyebab kanker.

4. Mempelancar pencernaan

Mengkomsumsi daun pepaya dapat untuk mempelancarkan pencernaan, itu disebabkan karena dalam daun pepaya memiliki zat aktif seperti karpain, karpain merupakan sejenis kandungan yang bisa untuk membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan.

5. Menambah nafsu makan

Daun pepaya juga bermanfaat menambah nafsu makan, caranya siapkan daun pepaya seukuran telapak tangan kemudian dicuci, garam secukupnya, ½ cangkir air hangat lalu semua bahan tersebut dibelender, setelah itu di saring dan diminum.

6. Hipertensi

Daun pepaya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, caranya ambillah 5 lembar daun pepaya yang segar dan dicuci kemudian masukan dalam panci dan tambahkan ½ liter air hingga menjadi separunya, saring kemudian dimunum.

7. Nyeri saat haid

Bagi perempuan yang sedang haid dan terasa nyeri, tidak ada salahnya untuk mencoba daun pepaya, dengan cara ambil 1 daun pepaya kemudian dicuci bersih, siapkan asam jawa dan garam secukupnya saja, lalu direbus dengan air 1 gelas sampai mendidih, saring dan diminum.

8. Mencegah katarak

Daun pepaya mempunyai kandungan vitamin A tinggi yang berfungsi untuk menjaga mata tetap sehat, jika mata tetap sehat maka dapat terhindarnya dari mata katarak.

9. Mempelancar ASI

Dengan cara ambil 4 helai daun yang masih mudah kemudian remas-remas daunnya setelah itu letakan diatas api kecil hingga daunya menjadi layu, dalam keadaan hangat daun tersebut diletakan diarea payud'ra kecuali dipu’ting.
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan