9 Tanda gejala penyakit jantung koroner

Tanda gejala penyakit jantung koroner – Jantung merupakan organ tubuh terpenting terdiri dari otot-otot kuat dan untuk memompa darah yang membawa makanan dan oksigen keseluruh tubuh. Jantung terdiri dua arteri koroner utama dan mempunyai banyak cabang-cabang, jantung merupakan organ yang vital, jantung kiri berfungsi sebagai memompa darah bersih seluruh tubuh, dan bagian jantung kanan untuk menampung darah kotor dan di alihkan ke paru-paru untuk di bersihkanya. 


Tanda gejala penyakit jantung koroner
Tanda gejala penyakit jantung koroner
Penyakit jantung suatu keadaan terjadinya penyumbatan, kelainan pembuluh nadi atau penyempitan, penyakit jantung di sebabkanya penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah koroner, maka dapat menghentikan aliran darah ke otot jantung tersebut dan sering di tandai rasa nyeri.

Baca Juga : 8 Cara untuk mencegah penyakit jantung koroner
Kenali tanda gejala jantung koroner

1. Mengalami sesak nafas

Sesak nafas yang mungkin dapat di sebabkan pembuluh darah menghambat aliran darah ke seluruh tubuh, maka akan menyebabkan penebalan otot jantung, kelainan pada katub jantung dan denyut yang tidak teraktur.

2. Sering berdebar-debar kencang

Jantung tiba-tibar berdebar  kencang tanpa alasan, kemungkinan jantung yang bermasalah, biasanya di barengi dengan penyakit lain.

3. Terasa nyeri di dada

Nyeri dada merupakan gejala awal terkena penyakit jantung, namun itu juga belum 100% benar, kemungkinan bisa di sebabkan oleh penyakit lain, jika anda ingin memastikan perisakan diri ke dokter spesialis terdekat.

4. Mengluarkan keringat

Gejala awal penyakit jantung merupakan mengluarkan keringat tanpa melakukan aktifitas apa-apa, jika itu terjadi kemungkinan jantung  bermasalah.

5. Sakit kepala dan pingsan

Bila terkena sinar matahari berlamaan dan merasa pusing bahkan pingsan, merupakan jantung bermasalah, di karenakan denyut jantung akan lembih cepat atau sebaliknya. Umumnya sering terjadi pada wanita sering migrain dan pingsan. Peneliti telah menyatakan sakit kepada di karenakan terjadi penyempitan pembuluh darah.

6. Nafsu makan menurun dan merasa mual

Gelaja jantung bermasalah dalah tandai dengan perut membengkak, maka perut akan merasa mual-mual dan nafsu makan menjadi berkurang.

7. Mudah sekali lelah

Gejala jantung bermasalah selanjutnya adalah mudah mengalami kelelahan atau mudah capek, padahal pada saat merasa capek, tidak melakukan aktifitas yang berat-berat.

8. Terasa sakit bagian tubuh

Gejala jantung bermasalah adalah terasa sakit pada bagian tubuh, untuk laki-laki biasanya rasa sakit akan muncul di lengan kiri, leher, bahu, punggung, siku. Dan untuk perempuan biasanya rasa sakit dapat di lengan kiri & tangan kanan. Rasa sakit tersebut tiba-tiba muncul dan tiba-tiba pergi dan sering terjadi.

9. Pembengkakan

Gejala terakhir yaitu mengalami pembengkakan pergelangan kaki atau di perut yang di sebabkan cairan menumpuk dalam tubuh.
Semoga informasi dapat bermanfaat, bagi ada yang memiliki tanda gejala seperti di atas segera lakukan pemeriksaan diri untuk memastikan lebih jelasnya, sekian mengenai tanda gejala penyakit jantung koroner