8 Cara untuk mencegah penyakit jantung koroner

Cara mencegah penyakit jantung koronerPenyakit jantung koroner yaitu suatu keadaan yang diakibatkan penyumbatan, penyempitan atau kelainan terhadap pembuluh nadi koroner. Penyakit PJK yang di sebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah koroner, penyempitan ini yang dapat untuk menghentikannya aliran darah ke otot jantung yang sering di tandai rasa nyeri. 
Cara untuk mencegah penyakit jantung koroner
 Cara untuk mencegah penyakit jantung koroner
Pencegahan untuk penyakit PJK lebih tepat dengan mengendalikan faktor risikonya, kecuali faktor yang tidak dapat di rubah seperti faktor keturunan, umur dan jenis kelami,  faktor ini lah yang tidak dapat di rubahnya. namun ada faktor lain yang bisa anda rubah dengan menerapkan cara ini dapat mencegah penyakit PJK dan Stroke.
Baca Juga : 10 Penyebab penyakit jantung koroner
Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

1. Berhenti merok'k sedini mungkin

Hal yang dapat menimbulkan penyakit PJK antara lain seperti merok'k, karena nik'tin, karbon monoksida dan zat-zat lain yang ada dalam rok'k dapat menimbulkanya kerusankan dinding pada pembuluh darah, dan dapat mempermudah kolesterol melekat pada dinding pembuluh darah akan menjadi rusak dan membentuk plak, resiko ini lah yang bisa terkena penyakit PJK meningkat 50 persen untuk menghisap rok'k dalam 4 batang satu hari.

2. Rajin berolah raga

Saat melakukan aktifitas fisik seperti dengan berolahraga pasti jantung akan berdetak lebih cepat untuk meningkatkannya jumlah darah kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh sehingga dapat meningkatnya kadar HDL dan menurunkan kadar LDL, maka rajin berolahraga juga dapat mengurangi berat badan seperti obesitas.

3. Perbaikan diet

Dengan cara membatasi asupan daging, unggas atau ikan, masimal per hari 150 gram. Dan meningkatkan asupan makanan yang tinggi seratnya seperti buah, sayuran atau sereal yang tinggi serat.

4. Hindari stres berlebihan

Menurut peneliti timbulnya PJK juga bisa di sebabkan oleh Stres, hal ini dapat menyebabkannya peningkatan kadar hormon epinefrin yang dapat memicu naiknya denyut jantung dan tekanan darah sehingga dapat mudahnya kerusakan pada dinding pembuuluh darah.

5. Hindari pola hidup yang tidak sehat

Kebiasan pola hidup yang tidak sehat dapat memicunya penyakit diabetes mellitus, kolesterol yang tinggi dan darah tinggi serta obesitas, faktor tersebut merupakan faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

6. Menjaga tekanan darah

Lakukan untuk  menurunkan tekanan darah mencapai angka 115/75 dengan cara melakukan pola hidup yang sehat seperti olahraga telatur, hal ini dapat mengurangi lemak di perut, karena dengan adanya lemak di perut akan menutupi organ-organ penting lainya,  supaya organ tersebut dapat berfungsi dengan baik maka lakukanlah olahraga dengan telatur, dan kenali tekanan darah anda sejak dini, dengan cara ini maka akan tahu tekanan darah normal atau tidak nya.

7. Mengurangi minuman ker's

Mengkomsumsi minuman ker's seperti Alk'hol secara berlebihan  dapat mengalami peningkatan tekanan darah tinggi, sehingga dapat memicu penyakit jantung dan dapat menimbulkan terjadinya penyakit hati, maka kurangi konsumsi minuman ker's secara berlebihan, hal itu tidak baik bagi kesehatan jantung.

8. Menkomsumsi kacang tanah

Peneliti telah menunjukan mengkomsumsi kacang dengan teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, di karenakan kacang mengandung antioksidan seperti asam oleat, dengan mengkomsumsi segengam kacang tanah 4 kali dalam seminggu dapat menurunkannya risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.
Semoga bermanfaat bagi anda tentang cara mencegah penyakit jantung koroner