11 Manfaat daun sirsak atau cara mengolah

Manfaat daun sirsak atau cara mengolah – Sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman bisa hidup didaerah tropis seperti di indonesia, Diindonesia sirsak dapat tumbuh baik dengan ketinggian kurang lebih 1000m atas permukaan laut, tahun 1965 peneliti menunjukan tentang kemanfaatan dari daun sirsak yaitu 10.000 kali lebih kuat dari kemotrapi, 
Manfaat daun sirsak atau cara mengolah
Manfaat daun sirsak atau cara mengolah

Baca Juga : 10 Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh
Tahun 1976 daun sirsak sudah mulai diketahuai tentang manfaat ampuhnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti kanker. Itu berkat kandungan senyawa aktif didaun sirsak. Lalu apa manfaat daun sirsak tersebut.

Manfaat daun sirsak dengan cara mengolah

1. Menyembuhkan kanker

Daun sirsat dapat dipercaya untuk mencegah dan menyembuhkan kanker, peneliti telah menunjukan kandungan proaktif didaun sirsak dapat membunuh sel kanker sampai ke akarnya. Maka sering di sebut zat proaktif didaun sirsak 10.000 lebih kuat dari pada kemotrapi.

Cara mengolah :
Ambil 10 lembar daun sirsak dan dicuci bersih kemudian masukan ke panci dan tambahkan 3 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, dimunum 2 kali sehari  pagi dan malam saat hangat selama 3 minggu dan lihat hasilnya.

2. Untuk asam urat

Bagi orang telah terlanjur mengindap asam urat tidak usah cemas karena daun sirsak bermanfaat dapat menyembuhkan asam urat.

Cara mengolah :

Ambil 8-10 lembar daun sirsak dan dicuci bersih kemudian masukan ke panci dan tambahkan 2 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, dimunum 2 kali sehari pagi dan malam selagi hangat.

3. Menurunkan kolesterol

Peneliti telahmenunjukan zat aktif didaun sirsak ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol jahat timbul karena kurang selektif untuk memilih makanan, misal makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat seperti gorengan, ayam goreng dan lain sebagainya, maka kolesterol jahat akan masuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Cara mengolah :

Ambil 4-6 daun sirsak dan dicuci kemudian masukan ke panci dan tambahkan 3 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, diminum satu kali sehari.

4. Diabetes mellitus

Ekstrak daun sirsak termasuk salah satu solusi untuk obat herbal diabetes secara alami :

Cara mengolah :

Ambil 8-10 daun sirsak dan dicuci bersih kemudian masukan ke panci dan tambahkan 2 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, diminum 2 kali sehari pagi dan malam selagi hangat.

5. Eskim dan rematik

Dengan cara ambil daun sirsak secukupnya dan dicuci bersih kemudian tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada bagian terasa ngilu. Ulangi 2 kali sehari dengan rutin.

6. Menghambat pertumbuhan tumor

Cara mengolah :

Ambil 15 daun sirsak dan dicuci bersih kemudian masukan ke panci dan tambahkan 3 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, diminum 2 kali sehari pagi dan malam selagi hangat.

7. Hipertensi

Cara mengolah :

Ambil 5-8 daun sirsak dan dicuci bersih, ambil 3 rambut jagung muda dan dibersihkan kemudian masukan ke panci dan tambahkan 3 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas setelah itu disaring, diminum 2 kali sehari pagi dan malam.

8.  Untuk bisul

Dengan cara ambil daun sirsak secukupnya dan dicuci bersih kemudian tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada busul, ulangi sampai bisul mengering.

9. Sakit punggung

Sakit punggung mulanya sering dialami saat bertambahnya usia, anda bisa menggunankan daun sirsak rebus untuk meyembuhkan sakit punggung anda.

Cara mengolah:

Ambil 17-20 daun sirsak dan dicuci bersih kemudian masukan ke panci dan tambahkan 5 gelas air lalu rebus hingga tersisa 3 gelas setelah itu disaring, diminum 1 kali sehari ¾ cangkir.

10. Mengatasi jerawat

Daun sirsak bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, dengan cara ambil daun sirsak secukupnya kemudian tumbuk sampai halus lalu tambahkan sedikit air lalu oleskan keseluruh wajah diamkan kurang lebih 20 menit setelah itu dibilas dengan air hangat, lakukan secara rutin.

11. Menyembuhkan wansir

Daun sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan wansir, wansir merupakan penyakit yang dapat menyerang anus yang dapat menyebabkan pembengkakan saat kondisi semakin parah wansir akan menyebabkan penderita mengalami rasa nyeri dan dapat mengeluarkan darah, namun hal itu dapat disembuhkan dengan daun sirsak.

Karena zat aktif didaun sirsak dapat menghentikan pendarahan dan mampu membuat otot disetikar anus menjadi rileks sehingga pembengkakan dianus lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.
Baca Juga : 12 Manfaat buah gandaria bagi kesehatan tubuh
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya tentang manfaat daun sirsak atau cara mengolah