10 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah semangka untuk kesehatan – Semangka (Citrullus lanantus) termasuk buah tropis yang banyak ditemukan di indonesia, semangka memiliki rasa manis dan banyak kandungan air sehingga semangka digemari oleh masyarakat Indonesia, semangka ini sangat cocok dikonsumsi saat cuacah yang panas, karena semangka banyak kandungan air yang dapat melepas dahaga dan mecegah dehidrasi. 
10 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh

Baca Juga : 11 Manfaat sayur terong dan cara tradisional
Semangka dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus, ciri buah semangka yaitu memiliki kulit yang keras dan tebal berwarna hijau muda dan kulitnya bergaris-garis dan daging buah berwarna merah. inilah manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh :

Kandungan gizi semangka 100 gram :
  • Protein 0,50 gram
  • Lemak 0,20 gram
  • Kalium 82,00 mg
  • Kalori 28,00 kal
  • Vitamin C 6,00 m
  • Karbohidrat 6,90 gram
  • Kalsium 8,00 mg
  • Zat besi 0,20 mg
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Air 92,10 gram
Direktorat gizi Depkes R.I


1. Program diet

Semangka bermanfaat membantu dalam program diet, karena buah semangka yang memiliki sendikit kandungan lemak  dan banyak air sehingga dengan mengkomsumsi semangka dapat membuat rasa kenyang di perut maka sangat cocok untuk program diet.

2. Hipertensi

Semangka bermanfaat untuk menetralisis tekanan darah sehingga baik bagi orang penderita hipertensi, itu berkat kalium dibuah semangka.

3. Anti-kanker

Semangka juga bermanfaat untuk mencegahnya penyakit kanker dalam tubuh, dengan mengkomsumsi semangkat setiapharinya dapat mencegah 50 persen resiko terkena kanker seperti kanker usus besar, kanker lambung, kanker kerongkongan, kanker rongga mulut, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker pankreas.

4. Radikal bebas

Semangkat juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas secara ampuh dibandingkan dengan antioksodan lain, akibat dari radikal bebas dapat memicunya penyakit seperti penyakit kulit. Jadi konsumsi semangka sangat baik bagi kesehatan.

5. Meningkatkan kesuburan

Semangka memiliki manfaat dapat untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan dapat meningkatkan gairah (…..) untuk pria, maka bagi yang ingin meningkatkan kesuburan komsumsilah semangka ini.

6. Kesehatan ginjal

Semangka bermanfaat untuk membersihkannya plak dan zat racun diginjal, maka ginjal akan tetap berkerja dengan baik dan tetap sehat, itu berkat kandungan kalium dibuah semangka.

7. Dehidrasi

Buah semangka juga dapat bermanfaat untuk menghindari dehidrasi, dehidrasi dapat terjadi disebabkan kekurangan air atau ciaran dalam tubuh, maka konsumsi semangkat bagi untuk tubuh.

8. Menyehatkan jantung

Semangka dapat menjaga dan melindungi jantung anda tetap sehat dan berkerja dengan baik, itu berkat kandungan likopen dibuah semangka yang memili sejuta manfaat.

9. Menyehatkan tulang

Semangka juga dapat menjaga tulang anda tetap sehat, dan dapat menurunkan resiko terkena oesteoporosis, itu berkat kalium dibuah semangka.

10. Meningkatkan sistem kekebalan

Semangka ber’manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun, jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka tubuh anda tidak mudah sakit, itu berkat antioksidan dibuah semangka.
Semoga dapat bermanfaat tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh