10 Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah pir bagi kesehatan – buah pir merupakan buah yang masih keluarga dalam buah apel, buah pir sebenarnya bukan asli dari Indonesia karena habitatnya didaerah subtropics, sehingga sering dikategorikan buah impor. Buah pir memiliki kelebihan dibandingkan buah apel seperti kandungan serat yang lebih tinggi maka lebih baik dari pada apel, buah pir banyak disukai masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan ditenggorokan. 
10 Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh
10 Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh
Selain itu buah pir memiliki manfaat untuk kesehatan, sehingga bagi orang yang mengkomsumsi buah pir dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : 8 Manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan kadar kolesterol

Serat dibuah pir termasuk dalam kategori yang baik dengan mengkomsumsi 1 buah pir saja dapat memehui 19,8 persen untuk kebutuhhan tubuh pangan setiap harinya.

2. Mencegah kanker kolon

Asam hdroksi sinamat dalam pir berperan sebagai antioksidan berfungsi untuk membendung pembentukan sel kanker dan mencegah terjadinya kanker kolon, karena asam hidroksi sinamat dapat mengikat nitrat dalam perut sehingga dapat menghambat terbentuk nitrosamine, nitrosamine inilah penyebab kanker kolon.

3. Mencegah sembelit

Mengkomsumsi buah pir jumlah yang cukup dapat untuk mengatasi sembelit, buah pir juga aman bagi yang memiliki lambung sensitive atau radang usus.

4. Mengendalikan tekanan darah

Buah pir juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh, hal ini dikarenakan antioksidan pada buah pir.

5.  Sumber energi

Glukosa and fluktosa buah pir baik untuk tubuh, sehingga saat di cerna didalam tubuh akan diubah menjadi energi.

6. Mencegah penyakit jantung

Serat atau flavanoid dibuah pir yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat memberikan perlindungan tubuh untuk mencegah penyakit jantung, dan dapat mencegah peyakit seperti stroke.

7.  Mencegah osteoporosis

Buah pir juga bermanfaat untuk mengaja kesehatan tulang, dengan mengkomsumsi buah pir dapat mencegah osteoporosis, itu berkat kalsium dibuah pir yang tinggi.

8. Baik untuk kehamilan

Buah pear juga bermanfaat untuk ibu hamil, karena folat dibuah pir dapat mencegahnya cacat janin dan cacat tabung saraf, untuk ibu yang hamil sangat baik mengkomsumsi buah yang mengandung folat seperti buah pir ini.

9. Mencegah stroke

Dengan mengkomsumsi satu buah pir setiap harinya dapat menurunkan resiko terkena stroke sebanyak 50 persennya.

10. Anti-radikal bebas

Kandungan vitamin C dan tembaga  berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel didalam tubuh.

Cara memilih buah pir yang baik

Saat anda ingin membeli buah pir pilihlah buah yang tidak memar (biru karena terantuk), sudah berwarna kecoklatan, terlihat masih muda dn terpotong. Pilih-lah yang masih keras jika ingin di buat sebagai  bahan kue panggang. Pear sudah cukup matang akan terasa lembut jika ditekan dengan jari anda, jika membeli buah pir matang harus segera dikomsumsi dalam jangka waktu 1-2 hari.
Semoga dapat bermanfaat mengenai manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh