8 Manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah sukun bagi kesehatan - Sukun (Artocarpus Altilis) merupakan tanaman yang cukup dikenal masyarakat indonesia, dan sudah tersebar seluruh nusantara, sukun yang segar dapat dimanfaatkan sebagai makanan dengan cara daging digoreng buah sukun yang memiki potensi cukup besar yang belum dimanfaatkan sebagai makanan bergizi, sukun juga memiliki keistimewaan karena memiliki kandungan mineral dan vitamin dua kali lebih banyak dibandingkan sereal. 
8 Manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh
8 Manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh
Di Negeria sukun umumnya sering dijadikan makanan penganti Asi masyarakat berpenghasilan rendah, mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat dari buah sukun, kandungan sukun terdiri dari kalsium, protein, karbohidrat. Vitamin C, zat besi, fosfor, lemak, vitamin B2, vitamin B1, kandungan ini yang sangat dibutuhkan oleh tubuh  terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Baca Juga : 8 Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh

1. Pertumbuhan tubuh dan otak

Sukun dapat bermanfaat untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak dan pertumbuhan otak besarnya,  maka mengkomsumsi sukun sangat baik untuk masa pertumbuhan anak-anak, itu berkat kandungan omega 3 dan omega 6 dibuah sukun.

2. Diabetes

Buah sukun bermanfaat untuk penderita diabetes untuk mengurangi penyerapan akibat kelebihan gula dalam tubuh, dengan mengkomsumsi sukun kadar gula dapat menjadi terkontrol dan dapat mengurangi resiko diabetes itu berkat kandungan serat dibuah sukun.

3. Kesehatan jantung

Buah sukun ber’manfaat untuk tetap menjaga kesehatan jantung dan berfungsi dengan baik, jika jantung sehat maka akan terhindar resiko penyakit jantung, itu berkat kandungan asam amino esensial dibuah sukun seperti : lysine, valin, methionin, isoleusin, histidine, methionin.

4. Memperlancar buang air besar

Sukun juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, mengeluarkan racun dalam usus dan dapat terhindar dari sembelit , karna kandungan serat yang tinggi dibuah sukun.

5. Antioksidan

Sukun juga dapat untuk mencegahnya infeksi kulit, mengkomsumsi sukun secara wajar dapat menjadikan kulit halus dan bersinar.

6. Untuk rambut

Sukun berman’faat untuk kesehatan folikel pada rambut menyehatkan dan menguatkan akar rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok dan mencegah kebotakan, itu berkat kandungan omega 3 dibuah sukun.

7. Kesehatan kulit

Sukun juga ber’manfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta kecantikan kulit, itu berkat kandungan vit C, omega 3 dan 6 dibuah sukun.

8. Program diet

Buah sukun juga bermanfaat untuk membantu program diet anda lebih efektif, jika membandingkan makanan pokok lain, sukun memiliki keistimewaan, sukun sering dijadikan penganti nasi saat menjalani program diet sukun tidak meningkatkan asupan kalori dan sukun dapat memberikan rasa kenyang yang lama diperut, maka sukun cocok untuk pengganti nasi dalam program diet.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda tentang manfaat buah sukun bagi kesehatan