5 Cara mencegah meningitis dengan mudah

Cara mencegah meningitis – Meningitis merupakan peradangan diselaput meninges, yang dapat menyelubingi otak di sebabkan oleh bakteri maupun virus. Meningitis viral pada umumnya tidak begitu parah dan dapat sembuh dalam sendirinya, namum meningitis bacterial bisa menyebabkan penyakit yang serius atau parah yang bisa menyebabkanya hilang pendengaran, ketidak-kemampuan belajar dan bahkan dapat menyebabkan kematian.  
Cara mencegah meningitis dengan mudah
Cara mencegah meningitis dengan mudah
Meningitis bacterial cukup banyak di temukan dengan 30-50% kasus pada anak usia 0-5 tahun merupakan angka kematian cukup tinggi, bila dapat di sembuhkan kemungkinan dapat meninggalkan gejala seperti keterbelangkangan mental, gangguan saraf,  gangguan pendengaran bahkan kelumpuhan. Untuk mencegah hal itu terjagi perlu melakukan pencegahan khusus.

Baca Juga : 20 Tanda gejala meningitis bakterial
Cara mencegah penyakit meningitis :

1.  Mencuci tangan

Membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun cair anti-septic setelah menyentuh atau memengang benda-benda kotor, dengan ini dapat mencegahnya bakteri  atau virus yang dapat menyebabkan meningitis.

2.  Vaksin

Yang terpentting adalah melakukan va’ksin, para ahli sudah menyarankan untuk melakukan vaksinasi sejak dini untuk mencegahnya penyakit seperti meningitis.

3. Meningkatkan system kekebalan

Dengan memperbanyak mengkomsumsi  vitamin C seperti buah-buahan atau sayuran, dengan meningkatkan system kekebalan atau imun dapat mencegahnya bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan penyakit menigintis.

4. Menutup saat bersin atau batuk

Hal ini jugga penting, di karenakan bakteri  atau virus yang menyebabkan meningitis bisa melalui , debu ataupun polusi, dengan cara menutup saat bersin atau batuk dapat mencegahnya bakteri atau virus yang masuk.

5. Menjaga jarak dengan penderita

Penyakit meningitis bisa menular melalui nafas, batuk, bersin, liur pada penderita, maka menjaga jarak dengan penderita merupakan cara untuk mencegah penyakit meningitis tersebut.
Semoga dapat bermanfaat bagi anda tentang cara mencegah meningitis